01 Juli, 2014

10 Pantai Yang Wajib Anda Kunjungi Saat ke GunungKidul, Jogja

Gunung Kidul, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia ini menawarkan banyak wisata indah dilamnya.. Siapa sangka, daerah yang identik dengan perbukitan kapur ini ternyata memiliki wisata alam yang wow.. Seperti Goa, Air Terjun, Gunung Api Purba dan Pantai.. Kali ini akan saya bahas 10 daftar pantai di Gunung Kidul Jogja yang wajib anda kunjungi saat bermain ke sini.. Eitts!! Tapi ingat ini berdasarkan pengamatan subjektif dari kacamata saya sendiri hlo.. Dan saya yakin, setiap orang pasti memiliki penilaian masing-masing tentang pantai di Gunung Kidul ini.. So, ini daftar ke-10 pantai tersebut…

1.    Pantai Siung


Pantai Siung adalah suatu objek wisata pantai yang terletak di Kec. Tepus, tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.. Lokasinya berjarak kurang lebih 77 km dari kota Yogya ini memiliki pasir putih yang luas serta kaya akan karang-karang raksasa.. Dan jika anda suka dengan panjat tebing disini terdapat tebing karang yang memiliki 250 jalur pemanjatan..

2.    Pantai Wediombo


Wedi Ombo terletak di Desa Jepitu, sekitar 40 km sebelah tenggara dari Wonosari.. Pantai Wedi Ombo diapit teluk yang lebar dengan pasir putih lembut yang menghadap ke laut dan dikelilingi oleh perbukitan kapur.. Memiliki karakteriristik sebagian berupa bebatuan dan sebagian pula berupa pasir yang lembut.. Pohon-pohon yang tumbuh di sekitar pantai menambah kesejukan saat anda mengunjungi pantai ini.. Selain itu pantai ini merupakan salah satu spot memancing..
 
3.    Pantai Sadranan

 

Lokasi Pantai Sadranan terletak di Padukuhan (Dusun) Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan ombak yang lumayan besar.. Pantai ini sangat cocok bagi anda pecinta snorkling..

 4.    Pantai Drini

 
Pantai Drini terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari Kecamatan juga, sekitar 1 km sebelah timur dari Pantai Sepanjang. Ciri yang unik dan khusus dari pantai ini adalah pulau karang ditepian laut.. Dengan pantai berpasir putih dan pemandangan indah Sepanjang pantai sangat ideal untuk menikmati hangatnya sinar matahari..

5.    Pantai Ngrenehan


Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Saptosari - Gunung Kidul, sekitar 30 km tenggara kota Wonosari. Pantai ini dijaga oleh bukit kapur dan panorama menakjubkan menerjang ke pantai pasir putih. Pengunjung dapat melihat kegiatan sehari-hari para nelayan dan membeli ikan segar, goreng dan siap untuk makan

6.    Pantai Ngobaran dan Nguyahan


Pantai Ngobaran dan Nguyan ini terletak di sebelah barat Pantai Ngrenehan.. Untuk sampai kesini butuh waktu kurang dari 10 menit.. Kedua pantai ini saling berdekatan.. Pantai Ngobaran memiliki pura dan kita akan teringat akan pulau dewata jika kesini.. Sedang Pantai Nguyahan memiliki hamparan pasir putih nan indah..

7.   Pantai Sundak


Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, kecamatan Tepus.. Hamparan hijau pemandangan alam dikombinasikan dengan udara yang segar, pasir putih pantai sundak ini sangat ideal untuk bersantai.. Pantai Sundak juga dikenal untuk camping ground dan wisatawan bisa menginap disini, kawasan pantai sundak ini sangat populer dikalangan anak muda, sehingga diharapkan semakin tahun menjadi ramai dan selalu dikunjungi selama musim liburan sekolah..

8.   Pantai Nglambor


Diapit oleh perbukitan, pantai yang berada di sebelah barat Pantai Siung ini adalah salah satu tempat yang teduh saat matahari tergelincir.. Jalan masuk ke pantai ini masih berupa bebatuan namun hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk sampai ke pantai ini.. Serta pantai ini juga bisa digunakan untuk snorkling..

9.    Pantai Pok Tunggal


Lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.. Jalan menuju pantai ini masih berupa bebatuan dan kadang juga berupa corblok.. Pantai ini memiliki ciri khas dengan adanya sebuah pohon yang tumbuh ditengah-tengah pantai.. Berteman dengan pasirnya yang putih menambah keindahaan saat mengunjungi pantai ini..
10.    Pantai Jogan


Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Jogan ada di sebelah Barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung.. Pantai Jogan memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki wisata pantai Gunungkidul lainnya.. Di kawasan ini terdapat air terjun Jogan. Air Terjun Jogan berasal dari sumber air tawar (sungai) di antara perbukitan karst yang mengalir jatuh ke laut. Pantai Jogan nyaris tidak memiliki  pasir pantai sebagai pembatas wilayah daratan dan laut (pesisir), karena laut berbatasan langsung dengan tebing..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...