20 Agustus, 2013

Kompleks Candi Arjuna (DiengTrip Part II)

Yuhuuuuuuu… akhirnya sampai ke Dieng Plateau juga :D 

gerbang masuk dieng

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.. Secara administrasi, Dieng merupakan wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng ("Dieng Wetan"), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Jawa Tengah.. Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata Bahasa Kawi: "di" yang berarti "tempat" atau "gunung" dan "Hyang" yang bermakna (Dewa).. Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam..

Dari sini, kami pun langsung menuju ke Dieng..  Saat perjalanan kami menyempatkan diri untuk istirahat sebentar menikmati pemandangan kawasan Dieng.. Benar benar tempat yang indah :D Dari gerbang masuk tersebut aku kira kawasan wisata Dieng sudah dekat.. eeee, ternyata masih sekitar 10-15 menit lagi perjalanan..

mas wawan-aku-mbak eplek-mas aris-mbak hani-mas arif-pak wawan :)


Akhirnya sampailah kami di tiket masuk Dieng.. Lumayan ramai juga pengunjungnya, hmmm… Harga tiket masuk ke Dieng ini hanya Rp 18.000 saja.. itu terdiri dari 4 kawasan wisata.. Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Dieng Plateau Theatre, dan Telaga Warna – Pengilon..

Aku: “objek wisata terdekat mana pak?
Pak Wawan:”hla itu Telaga Warna, (nunjuk ke arah telaga) hla mau kemana dulu?
Aku:”Yang deket aja dahulu
Mas Aris:”Sing adoh sek wae, sing cedak keri
Mas Arif:”ayo.. ndang gage
Pak Wawan:”hla opo golek objek liyo?

Kami pun akhirnya memutuskan untuk mencari objek lain di sekitar kawasan Dieng.. dan objek yang ingin kami kunjungi adalah Kawah Condrodimuko dan Sumur Jalatunda.. namun dalam perjalanan ke objek tersebut, Pak Wawan terpisah dari kami.. dan setelah beberapa menit menunggu, akhirnya pak wawan pun datang juga.. tapi pada akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi objek wisata yang sudah tertera di tiket mengingat kami harus mengejar waktu dikarenakan Mas Wawan yang harus kerja jam 22.00 dan keadaan dingin di dieng ketika malam..

Setelah berputar balik untuk menuju ke objek wisata, kami malah terpisah lagi.. aku, mas Aris, mas Wawan dan mbak Eplek memutuskan untuk ke Candi Arjuno sedang yang lain entah kemana (eman-eman je yen ra ditekani).. dan ternyata setelah di sms, mas Arif, Mbak Hani dan Pak Wawan menuju ke kewah sikidang dan akan menunggu kami disana..

Kami berempat pun segera masuk ke kawasan Candi Arjuno.. Disini kita dapat melihat beberapa bangunan berbentuk Candi yang masih tampak berdiri kokoh di Dataran Tinggi Dieng.. ini merupakan saksi bisu,bahwa disini pernah hadir komunitas sosial pemeluk Agama Hindu.. Komplek candi arjuna merupakan candi hindu tertua di Jawa.. Candi ini diperkirakan sudah mulai didirikan pada abad ke-8 M di zaman keemasan Dinasti Kalingga dan selesai pembangunannya pada abad ke-13 di zaman Wangsa Syailendra.. Komplek Candi Arjuna terdiri dari dua deret candi yang saling berhadapan, deret sebelah timur secara berturut-turut adalah Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.. Sedangkan deret sebelah barat hanya tersisa 1 buah candi yaitu Candi Semar.. Tidak jauh dari komplek ini juga terdapat Candi-Candi lain yaitu Candi Setyaki, Candi Gatut Kaca, Candi Bima dan Candi Dwarawati..

kompleks candi arjuno
Kompleks Candi Arjuna
 kompleks candi arjuno 

kompleks candi arjunokompleks candi arjunokompleks candi arjuno

 


Dan setelah puas menikmati Candi Arjuno, kami pun menyusul mas Arif, Mbak Hani dan Pak Wawan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...