28 Agustus, 2013

Penantian (DiengTrip, End)

*awal kisah penantian..

Lah.. do neng ndi ki?” aku dan mas Wawan pun harus berada di posisi paling belakang sendiri ketika perjalanan pulang.. entah yang lainnya sudah sampai dimana, yang jelas tadi mereka mengendarai motor dengan sangat cepat.. hmmm

Mendadak motor yang kami kendarai tak bisa berjalan.. “koyone los ki tep”, aku pun kemudian turun.. dan benar saja rantai motor memang los.. kamipun menepi untuk memperbaiki rantai motor.. “koyone los.e sing neng njero ki.. kudu nggolek bengkel ki..”, yaa.. kala itu waktu sudah menunjukkan jam 17.35.. keadaan mulai gelap gulita, ditambah pula dengan daerah pegunungan yang sepi dan dingin yang merasuk..
Akhirnya kami mendorong motor dan mencari bengkel terdekat.. “mas, bengkel terdekat dimana mas?”, tanya mas Wawan ke salah seorang warga.. “disitu mas, (nunjuk arah)”, jawabnya.. kamipun mendorong motor menuju ke daerah bengkel.. fiuhh! capek memang karena kami harus mendorong naik.. kamipun berhenti beberapa kali untuk menghela nafas.. Dengan keadaan ngosngosan, aku dan mas wawan pun bertanya lagi ke warga.. ada bengkel terdekat, dan aku menghampirinya, tapi ternyata tutup.. dan mas wawan pun memperoleh informasi bahwa bengkel berada di dalam desa.. kami pun akhirnya memutuskan untuk mencarinya..

Keadaan jalan pun mulai berubah, jalan hanya berupa bebatuan yang ditata rapi dan menurun.. entah berapa jauh lagi, itu yang aku fikirkan.. ”mari mas, ikuti saya..”, mendadak ada dua orang warga yang langsung mendekati kami dan mengantar kami ke bengkel.. dan ternyata, jarak bengkel dari jalan raya tersebut kurang lebih 1 km, hhmmm.. akhirnya kami sampai di kediaman pak Wali , pemilik bengkel..

Assalamualaikum..”, kemudian muncullah seorang anak kecil, umurnya sekitar 10 tahun..”bener dek ini tempatnya pak wali?”|”nggih mas.. mari masuk”|”pak wali nya ada? Ini rantai motor saya los”|”nggak ada mas, saya aja mas yang membetulkan.. sama saja kog”.. hhaaa?? beneran?? Itu yang saya fikirkan saat pertama kali.. anak seumur itu sudah tahu tentang otomotif? (makjlebb.. #MelihatDiriSendiri) diapun kemudian mengambil peralatan.. “rantaine los mas”, aku pun meng-sms mas Aris.. dalam penantian ini kami berbicara dengan sang bocah itu.. ramah, dan terlihat sangat dewasa  (#MelihatDiriSendiriLagi).. akhirnya motorpun sudah selesai diperbaiki, dan mas wawan pun memberi uang lebih, tapi mereka menolak..

Keadaan pun mulai berubah.. dan perjalanan pulang, keadaan sudah gelap gulita, berkabut dan dinginnya malam mulai kami rasakan.. ditambah pula aki motor mas wawan sudah habis.. sempat khawatir pula, karena tak ada pencahayaan yang cukup dari motor.. takutnya masuk jurang, atau tertabrak (naudzubillah).. dalam perjalanan pulang mas Wawan berkata kepada ku “wargane ramah ya, gelem ngeterke neng bengkel.. ra koyo neng kota, yen takon paling gor diduduhke arah.e thok bar kui lepas tangan.. awal.e ki asline aku ragu ngko gek gor dimanfaatke thok tep..” bener juga apa yang dikatakan mas wawan itu, kearifan lokal daerah wonosobo memang mengesankan.. “aku mau yo ra nyongko yen bocah.e mau ki isoh ndandani”|”podo mas”.. kami pun melanjutkan perjalanan menyusul yang lain…

koe neng ndi tep? Tak enteni neng indo**** parakan 1”, sms dari mas aris.. kami pun segara menyusul mereka.. mungkin setengah jam berlalu, kami mencari indo**** tersebut tidak ketemu, sialnya kami malah tersesat.. dan tiba-tiba kami muncul di  indo**** parakan 3, akupun seketika itu langsung sms mas aris agar berangkat dahulu saja.. dan parahnya lagi, kami tersesat lagi, malah masuk ke daerah alas.. hmmm akhirnya kami pun tanya ke warga.. dan alhamdulillah kami kembali ke jalur awal kami berangkat tadi.. beberapa jam, akhirnya kami sampai di ambarawa dan berniat istirahat di salah satu pom.. ”lah iki pak Wawan, karo mas Arif.. hla mas Aris?
......


*penantian

golek.o dalan ris”|”oke..”, aku pun langsung menyalip Pak Wawan dan menjadi pemandu jalan.. beberapa waktu kemudian aku dan pak Wawan berhenti di indo**** parakan 1, dan kemudian membuka handphone ku.. “rantaine los mas”, ku baca sms dari Latep itu.. “wah ni anak los neng di ya? Gek Arif yo rung ketok sisan”..

aku pun kemudian sms Latep “koe neng ndi tep? Tak enteni neng indo**** parakan 1”, dan beberapa menit kemudian Arif pun muncul dan menghampiri kami.. “asemb wi.. mlakune do piro to? Ra isoh ngoyak aku”|”hla ponakanmu kui los neng ndi ris?”|”embuh wi pak, sms.e wes setengah jam mau”.. kami kemudian menanti Latep dan Wawan untuk menyusul kami, entah berapa lama.. menit pun berlalu, Latep dan Wawan tak kunjung datang.. “mas aku tekan daerah Kedu, Temanggung.. goleki indo****.e ra ketemu malah metu tekan kedu”.. kami pun langsung melanjukan perjalanan, berharap bertemu di jalan.. dan pada akhirnya aku pun malah terpisah dengan pak Wawan dan Arif gara-gara ada mobil yang parkir di depanku, setelah itu aku tak melihat pak Wawan dan Arif.. aku berinisiatif mencari jalan sendiri agar sampai di Solo.. dan kemudian aku melihat papan petunjuk Magelang-Yogyakarta-Semarang, “hla.. arah Solo kog ra enek ki?”..
......


*penantian yang tak berbuah

Di indo**** parakan 1 kami menunggu Wawan dan Latep tapi tak kunjung datang juga.. dan ternyata mereka sudah sampai di daerah Kedu.. kami segera memacu kendaraan.. beberapa jam kemudian, kami berhenti di pom daerah Ambarawa “Aris endi ki Rif? Keblasuk engko?"|”embuh wi pak, cobo tak telpun.e”..

Di pom tersebut aku, Arif dan Hani menunggu Latep, Wawan, Aris dan Eplek yang terpisah entah kemana.. “hla ini Wawan ro Latep, Aris neng di ki? Ngko gek keblasuk?”, ya.. saat itu Wawan dan Latep bertemu dengan kami tanpa sengaja di pom, dan kemudian mereka bercerita kenapa tadi terpisah cukup lama.. “Aris tak telp ra diangkat wi pak? Ngko gek wes tekan Solo ki?” ucap Arif..”tapi mau ra nyalip aku wi”|”iyo i pak, biasane yen nyalip mesti mepet aku.. tapi mau ki ora ketok wonge”.. wajar saja Arif berfikir seperti itu, kami menunggu kurang lebih setengah jam lamanya.. akupun menyuruh Wawan untuk pulang terlebih dahulu.. jam sudah menunjukkan pukul 21.00, dia harus masuk kerja lagi..

Beberapa menit berlalu, dan Arif pun mendapat sms “aku wes tekan Salatiga”… “wholaaa.. yoh ndang bali, lewat banyubiru tapi ati-ati wae..” segera aku, Latep, Arif dan Hani memacu kendaraan.. setelah sampai di Salatiga, aku sms Aris “tekan ngendi koe?”|”aku mlaku alon-alon pak seko solotigo”.. kami pun memacu kembali motor kami.. tapi dalam perjalanan aku tak bertemu Aris sama sekali..

pak, Aris wes tekan pom kerjone mas Wawan mau ki”, ucap Arif saat kami berhenti di Boyolali.. kami pun segera menyusul mereka.. dan benar saja, mereka sudah sampai.. “aku ki mau malah keblasuk lewat Kopeng, tapi malah cepet hhaha”|”koe ki mlakune piro to ris? Jarene alon-alon, tak oyak 80-100 ra kecel wi”|”hhaha”|”hog.o hlo mas, pak wawan mlakune banter hlo”|”asemb wi Aris ki, adem banget hawane lewat Kopeng”|”gen plek.. hhaha”|”aku ki nunggu nganti turu hlo.. setengah jam punjul”|”wes adem, gek banter sisan ki Aris leh numpak”|”hhaha… jirihhhh”|” hla Wawan endi?”|”kae pak, wes ganti seragam terus ngiseni bensin”|”oo.. yowes yo bali”..
......

Dan kami pun bercanda di  perjalanan pulang.. bercerita tentang kejadian yang kami alami, mulai dari rantai motor los, keblasuk ke kopeng hingga penantian yang sia-sia.. happy ending :) , itulah secuil kisah perjalanan saat ke Dieng, seru!.. bermain ke dieng sehari tapi sangat puas.. semoga bisa kesana dengan cerita baru.. :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...